Peluang Usaha Bengkel Sarung Jok Mobil

ByAdmin

Peluang Usaha Bengkel Sarung Jok Mobil

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini layanan home service semakin naik daun. Berbagai faktor mulai dari kemacetan, kesibukan yang tinggi, hingga alasan kenyamanan dan keamanan membuat banyak konsumen lebih memilih layanan jasa atau produk yang bisa dipanggil ke rumah.

Menyadari adanya kebutuhan klien demikian, para pelaku usaha dari berbagai bidang bisnis mulai ramai-ramai menyediakan jasa layanan home service. Layanan home service tersebut menjadi nilai lebih bagi pelaku usaha.

Kondisi ini juga terjadi dalam bidang jasa modifikasi jok mobil. Dulu mayoritas penyedia jasa modifikasi jok mobil melakukan usahanya di dalam suatu bengkel. Para konsumen membawa mobilnya ke bengkel dan meninggalkannya di sana selama berhari-hari.

Namun, tidak semua kalangan konsumen merasa tenang meninggalkan mobil kesayangannya di bengkel modifikasi jok. Sebagian kalangan merasa lebih nyaman jika proses pengerjaan jok mobil dilakukan di rumahnya di jalan Batu Ceper, Jakarta Pusat.

Kini sebagian pelaku usaha mulai menyediakan jasa layanan home service sebagai strategi bersaing, seperti yang diterapkan oleh Dery, pelaku usaha di bidang modifikasi sarung jok mobil dengan nama Dery Car Seat.

Para klien yang ingin memasang sarung jok dapat datang langsung ke bengkelnya. Namun bagi klien yang tidak punya waktu banyak, bisa memesan jok mobil lewat telepon atau bahkan memanggil Dery Car Seat ke rumahnya.

“Kelebihan kami selain karyawan yang sudah berpengalaman, proses pemasangan jok mobilnya juga dapat dilakukan di tempat klien. Saat ini layanan ini hanya kami berikan untuk konsumen dari sekitar Jakarta – Tangerang saja,” kata Dery.

Proses pengerjaan sarung jok mobil kustomisasi rata-rata memakan waktu sekitar tiga hingga empat hari. Biaya yang dipatok bervariasi tergantung tingkat kesulitan model serta bahan yang digunakan.

Sebagai gambaran, untuk bahan kulit sintetis merek ferari dipatok tarif Rp600.000, bahan merek force dipatok Rp1,2 juta dan bahan Mbtech Rp1,8 juta.

Jika memesan dengan model  kustomisasi, ada tarif tambahan sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000 tergantung kerumitannya. Ada juga komponen tarif lainnya jika klien ingin tambahan berupa gambar dengan biaya Rp150.000 per satu gambar.

“Kalau dijumlahkan semuanya, biaya paling mahal sekitar Rp3 juta per set untuk jok yang memakai tambahan desain atau gambar dengan tingkat kesulitan tinggi,” ujarnya.

Tak hanya membuat jok mobil sesuai pesanan, Dery juga membuat produk-produk jok untuk stok. Dia menceritakan saat ini sudah ada puluhan model desain sarung jok mobil yang diproduksi, terutama sarung jok dengan gambar karakter yang lucu dan unik.

Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar khususnya kalangan yang tidak ingin repot-repot menunggu pemasangan jok sampai berhari-hari serta untuk memenuhi permintaan luar kota.

Produk jok Dery Car Seat saat ini sudah pernah dikirimkan ke berbagai kota, termasuk ke sekitar kawasan Jabodetabek, Kalimantan, Lampung dan Batam.

Selain mengandalkan keragaman motif dan layanan tersebut, Dery juga memberikan garansi kepada konsumen. Dia menjamin keaslian bahan yang digunakan dan bahkan berani memberikan ganti rugi tiga kali lipat jika klien merasa tidak puas dengan keaslian produk.

Dery mengandalkan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan bisnisnya kepada kalangan yang lebih luas.

Upaya promosi demikian membuat pesanan terus mengalir. “Dalam sebulan penjualan saya mencapai lebih dari 40 sarung jok mobil dengan omzet sekitar Rp35 juta,” tuturnya.

Selain pemasangan sarung jok, Dery dibantu dibantu oleh enam orang karyawan juga menyediakan jasa pemasangan doortrim dan plafon.

Untuk memperbesar kapasitas produksi serta mempercepat waktu pengerjaan tiap jok, Dery berencana menambah teknisi.

Dia paham saat ini, ditengah persaingan yang semakin ketat, kalangan konsumen juga semakin menuntut proses pengerjaan yang cepat dan tetap berkualitas.

Dia juga mendapatkan tambahan penghasilan lain dari bengkelnya yakni lewat penjualan barang untuk keperluan mobil seperti body cover serta kunci setir.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

About the author

Admin administrator

Leave a Reply