Fri. Apr 3rd, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Alasan Fitur Defogger Sangat Penting Dimiliki Mobil saat Musim Hujan

2 min read

Saat mengendarai mobil di tengah guyuran hujan, wiper sangat berperan penting. Fungsinya yang dapat menyeka air di kaca depan sangat membantu pengeliahatan pengemudi. Namun bukan wiper saja yang dibutuhkan saat hujan.

Sebab untuk melihat belakang atau saat menyalip, pengemudi kerap memantau kaca belakang. Nah jika kaca belakang berembun, sangat berbahaya. Karena pengelihatan pengemudi terganggu, oleh sebab itu defogger penting dimilik mobil.

Fitur yang dapat menghantarkan panas tersebut berfungsi untuk mengusir embun di kaca. Namun sayangnya tidak semua mobil di Indonesia dibekali defogger. Khususnya mobil yang dibanderol dengan harga di bawah Rp200 jutaan. 

Biasanya mobil dengan harga yang terbilang terjangkau itu hanya dilengkapi wiper pada kaca belakang, bahkan ada juga yang dibiarkan polos tanpa wiper atau defogger. Lantas sepenting apa fitur pengusir embun tersebut, khususnya di Indonesia?  

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, menghilangkan embun di kaca belakang memang pakai defogger bukan dengan wiper. Karena embun tidak bisa dihilangkan hanya dengan sapuan wiper.

“Wiper itu lebih kearah membersihkan kaca luar dari hujan ataupun kotoran. Dan sapuan wiper belakang luas sapuannya enggak sebesar di kaca depan, makannya perlu defogger,” ujarnya kepada 100KPJ, Sabtu 7 Desember 2019.

Menurutnya defogger lebih baik menghilangkan embun di kaca belakang, karena fitur yang berupa garis-garis emas tersebut menyelimuti seluruh bagian kaca, tidak seperti wiper. Garis emas tersebut terbuat dar tembaga yang dapat menghantarkan panas.

“Menurut saya defogger sangat dibutuhkan saat hujan. Kaca belakang bisa berembun karena perbedaan suhu antara kabin dan suhu luar, dan ini (embun) mengganggu pandangan ke arah belakang. Sehingga pemanas kaca atau defogger dibutuhkan,” tuturnya.

Sementara menurut Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, penggunaan defogger di suhu tropis tidak sesering di negara musim dingin, tapi bagi yang tinggal di dekat pegunungan tentu sangat penting.

“Ada beberapa kondisi suhu tropis yang membutuhkan defogger, bukan hanya di musim hujan. Misalnya daerah pegunungan saat pagi atau hujan. Di Indonesia suhu tropis sifatnya nice to have, bukan must to have,” kata Bambang. (re2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter