Sat. Nov 28th, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Efek Fatal Cuci Motor saat Mesin Masih Panas

1 min read

Kegiatan yang acap dilakukan agar membuat motor resik adalah mencuci. Aktivitas ini biasa dilakukan pada akhir pekan atau usai digunakan.

Namun terkadang masih banyak yang abai soal kapan waktu yang tepat mencuci motor. Sebab, ada saja sebagian pemilik yang mencucinya saat kondisi mesin motor masih panas.

Padahal jika itu dilakukan akan berefek buruk pada kesehatan motor. Seperti dikutip situs resmi Honda, risiko pertama yang akan terjadi adalah blok mesin retak.

Ini akibat bagian logam pada komponen motor yang masih panas lalu langsung bersentuhan dengan air dingin ketika dicuci, adalah dua kondisi yang saling bertentangan.

Saat besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis. Kalau ini dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang, berisiko berefek keretakan tadi.

Efek buruk lain yang mungkin muncul adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Karena itulah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, berikan jeda waktu lima sampai 10 menit sebelum dicuci. Waktu yang tidak lama ini sudah bisa membuat kondisi mesin dan komponen di dalamnya istirahat sejenak sebelum akhirnya nanti terguyur air yang memiliki perbedaan suhu drastis.

Ini akan membantu mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.