Sat. Nov 28th, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Intip Fitur Toyota Raize, Serba Canggih

2 min read

Sesuai rumor dan berita yang beredar, Toyota akhirnya resmi merilis Raize di pasar otomotif Jepang. SUV ringkas ini merupakan produk kembar dari Daihatsu Rocky yang datang menggunakan platfrom Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dibandingkan Rocky, Raize punya perawakan yang lebih sporty. Visual depannya sudah menunjukan karakter agresif, bahkan fitur-fitur yang dibawa pun cukup lengkap dan mewah. Salah satu yang diaplikasi oleh Raize adalah fitur smart assist generasi terbaru dengan beberapa tambahan fungsi yang membuatnya seperti seperti mobil mewah. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Toyota Global, ada empat fungsi yang ditonjolkan pada SUV terbaru milik Toyota ini.

Mulai dari adaptive cruise control, smart panorama parking assist, collision warning function and crash avoidance braking function, serta erroneous start pervention function dengan braking control.

Untuk adaptive cruise control sudah dilengkapi dengan all speed tracking yang mampu membaca kecepatan mobil di depan. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengendara bisa berkendara tanpa perlu repot menekan pedal gas, saat mobil di depan melakukan pengereman atau mereduksi kecepatan, Raize bisa mengikuti nya. Fungsi kedua adalah smart panorama parking assist, fitur ini berguna untuk membantuk pengendara saat akan parkir melalui tampilan kamera eagle eyes yang menampilkan kondisi di sekeliling mobil. Fitur smart assist Toyota Raize Menariknya, pengendara tak perlu repot mengendalikan kemudi, tinggal mendengar perintah suara dari audio yang menginstruksikan kapan harus mengerem kapan harus menekan pedal gas. Sementara kemudi sudah dikendalikan melalui sistem.

Ketiga adalah collision warning function and crash avoidance braking function. Fungsinya lebih untuk untuk memberikan peringatan dan mendeteksi adanya pejalan kaki atau kendaraan lain yang ada di depannya. Sementara untuk erroneous start prevention function yang telah dilengkapi dengan braking control, memiliki kegunaan untuk mencegah kebiasaan salah dalam menekan pedal ketika parkir. Harusnya melakukan pengereman justruk menekan pedal gas. Beberapa fitur tersebut sebelumnya sudah pernah Kompas.com jajal saat mencoba Daihatsu Tanto di Fuji Speedway, Jepang. Karena beberapa fungsinya memang dengan kei-car Daihatsu tersebut.

Sementara untuk deretan fungsi lain yang sudah menjadi standar di smart assist juga tetap digunakan. Seperti sign recognition function, leading vehicle start notification function, lane departure warning function, blind-spot monitor, corner sensor, dan banyak lainnya.

Dari sisi hiburan, Toyota membekali Raize dengan layar sentuh 9 inci yang bisa terkoneksi langsung dengan smartphone via aplikasi SmartDeviceLink atau AppleCarPlay. Speedometer juga sudah mengusung layar TFT 7 inci LCD display yang semuanya serba digital. Toyota memberikan empat pilihan tampilan seperti tema speedometer yang bisa diganti oleh pengendaranya, yakni advanced, exciting, simple, dan analog.

Toyota Raize meluncur dalam dua pilihan penggerak, yakni 2 wheel drive (2WD) dan 4 wheel drive (4WD). Semuanya dibekali dengan mesin 1.000 cc turbo dan transmisi D-CVT yang dikembangkan oleh Daihatsu, di atas kertas, mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 tk dan torsi 140 Nm. Untuk banderolnya, Toyota resmi memasarkan Raize di Jepang mulai dari Rp 217 jutaan hingga Rp 294,7 jutaan. Toyota menargetkan penjualan per bulan dari Raize mencapai 4.100 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.