Sat. Nov 28th, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Masih Kalah dari Malaysia, Berapa Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia?

1 min read

 Meski jalan di kota-kota besar Indonesia terlihat padat kendaraan bermotor sehingga menimbulkan kemacetan, namun rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia terbilang masih kecil.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rasio kepemilikan mobil di Indonesia baru sekitar 87 unit per 1.000 orang, masih rendah di bawah negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai 450 unit per 1.000 orang dan Thailand sebanyak 220 unit per 1.000 orang.

Namun demikian menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita prospek penjualan mobil di Indonesia masih sangat menjanjikan. Sebab, jika bertambah satu unit saja dari 87 ke 88 unit, berarti penjualan akan naik sekitar 260 ribu unit.

“Dengan populasi penduduk kita 260 juta jiwa, maka room to grow bagi industri ini begitu besar,” ujarnya.

palagi, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan, terutama agar siap mengimplementasikan industri 4.0.

?Jadi, industri otomotif sebagai bagian dari lokomotif sektor manufaktur di dalam negeri yang akan mendongkrak PDB nasional menjadi 10 besar di dunia pada tahun 2030,? imbuhnya.

Agus menambahkan, pemerintah juga menargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah sepeda motor listrik.

Selain itu, Indonesia menargetkan produksi mobil bertenaga listrik bisa mencapai 400 ribu unit atau 20 persen dari total produksi pada tahun 2025. Dari jumlah tersebut, diharapkan terjadi peningkatan hingga tahun 2029.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.