Sat. Nov 28th, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Lagi Ngetren, Mobil Listrik Toyota Bakal Bisa Terbang

1 min read

Belum lama ini, Hyundai yang bekerja sama dengan Uber menunjukkan prototipe mobil terbang S-A1 PAV saat CES 2020 di Las Vegas. Rupanya Toyota belum lama ini juga tengah berinvestasi untuk kendaraan udara yang bisa terbang dan mendarat secara vertikal.

MenurutĀ Autoevolution, Toyota berinvestasi sebesar USD 349 juta dengan menggandeng startup Amerika, Joby Aviation. Cara Toyota ini memang tampak berbeda dengan Hyundai yang memiliih memroduksi sendiri.

Meski begitu, Toyota mengatakan bahwa mereka akan membantu Joby dengan berbagi keahlian di bidang manufaktur, kualitas dan kontrol biaya, selain berinvestasi. Sedangkan Joby endiri sudah membuat mobil terbang berisi 4-orang itu selama sepuluh tahun terakhir.

Tampaknya, Toyota juga tengah membuat sesuatu yang lebih menarik melalui kerja sama ini. Mengingat belakangan tren indutri otomotif sedang ramai-ramai pindah ke powertrain listrik, lalu kemudian disusul tren mobil terbang. Toyota kemungkinan akan mewujudkan keduanya sekaligus.

Maka, mobil terbang hasil investasi Toyota pada Joby itu menggunakan drivetrain listrik yang bisa mencapai kecepatan 321 kpj dan daya jangkau 241 kilometer. Sementara itu, detail lain soal proyek ini disebut akan diumumkan kemudian.

Berbicara soal investasi untuk kendaraan terbang, ternyata Toyota bukan pemain baru di bidang ini. Menurut Carscoops, sebelumnya pada tahun 2017 Toyota sudah mnyuntikkan dana untuk Cartivator sebanyak USD 386.792.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.