Sat. Nov 28th, 2020

DCARZ

No 1 Auto Store Indonesia

Masih Pemula, Begini Cara Mudah dan Aman Kemudikan Mobil Matic

2 min read

Pertama mengemudi atau bagi seorang pemula, menyetir mobil merupakan kegiatan yang cukup sulit. Banyak faktor tentunya yang mempengaruhi, seperti belum terbiasa, ada rasa gugup dan takut.

Bagi pemula, salah satu mobil yang banyak digemari yaitu mobil dengan transmisi matik. Mobil dengan transmisi matik dianggap lebih mudah daripada manual. Meski demikian, mengemudi mobil matik tetap memerlukan latihan yang rutin dan sungguh-sungguh.

Merdeka.com telah merangkum cara mengemudi mobil matic untuk pemula dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu fokus. Anda harus memperhatikan bahwa saat mengendarai mobil, Anda tidak sendirian di jalan. Ada pula pengendara lain, seperti pengendara motor, truk, bis, sepeda bahkan pejalan kaki.

Oleh karena itu, tetaplah fokus dan jangan bermain handphone saat sedang mengemudi. Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut akan membahayakan orang lain.

Sebelum Anda mulai mengemudi, Anda harus memahami posisi dan urutan pada tuas transmisi. Hal tersebut harus dipahami mengingat tuas transmisi selalu digunakan untuk berkendara.

Terdapat barisan kombinasi huruf dan angka pada tuas transmisi yang harus Anda pahami, yaitu P-R-N-D-2-L atau P-R-N-R-M (+/-).

D digunakan ketika mobil akan berjalan ke depan, atau ketika Anda mulai melaju. Apabila kecepatan sedang, Anda dapat menggunakan D.

N merupakan netral, atau tanpa gigi. Biasanya N digunakan ketika berhenti di lampu lalu lintas atau ketika jalanan macet.

Jika Anda berada di jalan yang menanjak, sebaiknya pindah tuas transmisi pada pilihan L atau 2.

Selain itu jika Anda memarkir mobil, pindah ke P dan Gunakan R ketika Anda ingin berjalan mundur.

Setelah memahami tuas transmisi dan fitur mobil, Anda dapat mulai berlatih mengendarai mobil. Lakukan latihan secara bertahap mulai dari lokasi yang sepi hingga ramai. Selain itu, Anda dapat berlatih mengenali medan seperti tikungan atau menyebrang jalan.

Anda harus bersabar dan tetap terus berlatih sampai lihai mengendarai mobil. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin lihai juga Anda dalam berkendara.

Berlatih parkir juga perlu Anda lakukan. Banyak orang yang dapat mengendarai mobil tapi mengalami kesulitan saat parkir. Oleh sebab itu, berlatihlah dengan sungguh-sungguh sampai lancar berkendara mobil.

Saat mengemudi, Anda juga harus memerhatikan keamanan saat berkendara. Melansir dari Nissan, berikut tips aman aman berkendara mobil di jalan raya.

1. Memahami Pergerakan Kendaraan

Sebagai seorang pengemudi, Anda harus benar-benar paham pergerakan kendaraan yang Anda bawa. Seperti ketika Anda ingin berbelok, maka roda kemudi tentu harus diputar.

2. Menjaga Jarak Aman.

Ketika berkendara, Anda harus menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari tabrakan.

3. Berhati-hati dengan Blind Spot.

Blind spot merupakan suatu titik saat kendaraan yang dikendarai dan kendaraan lain sulit dipantau dengan jangkauan mata atau kaca di spion.

4. Peka dengan Kondisi Sekitar.

Seorang pengemudi haruslah selalu peka dan waspada dengan kondisi sekitar. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kemungkinan seperti adanya jalan berlubang atau yang lainnya.

5. Menghindari Kegiatan yang Mengganggu Konsentrasi.

Bermain handphone atau lainnya saat menyetir sangat tidak dianjurkan. Karena dapat memecah konsentrasi saat mengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.